Jumat, 10 Oktober 2014

Tren Tablet Bergeser, 8 Inci Jadi Primadona Pasar

Tren tablet kini bergeser dari yang ukuran besar menjadi yang ukuran sedang. Semula tablet 7 inci menjadi primadona pasar dan banyak diminati konsumen, kini digantikan dengan tablet yang ukurannya lebih ideal, yakni 8 inci. Informasi Penting
 Tren Tablet Bergeser, 8 Inci Jadi Primadona Pasar

Tablet 8 inci menjadi primadona baru di pasar karena ukuranya lebih pas dan lebih ideal,  tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar. 

Untuk menjalankan berbagai aplikasi dan komputasi, ukuran 8 inci lebih nyaman bagi pengguna dibanding dengan tablet ukuran 7 inci. Apalagi setelah maraknya phablet, smartphone berukuran 5-6 inci, keberadaan tablet 7 inci kian redup popularitasnya. 

Tak heran jika fenomena ini ditangkap oleh hampir semua vendor ternama untuk memproduksi tablet 8 inchi, termasuk Advan. Brand kebanggaan Indonesia ini melihat, untuk saat ini  tablet ukuran 8 inci menjadi pilihan utama. 

“Kami melihat ada pergeseran tren di pasar tablet. Sekarang ini tablet yang diminati konsumen adalah tablet berukuran 8 inci. Ukuran tersebut dirasa sangat ideal dan  memberikan kenyamanan bagi penggunanya,” ungkap Tjandra Lianto, Marketing Director Advan, kepada wartawan di Jakarta, Senin (14/4/2014).

Untuk itu Advan hadir menjawab tantangan tersebut dengan merilis tablet 8 inci. Tablet yang dimaksud  Tjandra adalah Vandroid T5C yang beberapa waktu lalu telah dirilis ke pasar. Kehadiran Vandrois T5C di pasar, sejauh ini penjualannya sangat menggembirakan. Dari target yang dicanangkan yakni 60-90  ribu unit pada kuartal pertama 2014, sudah mendekati angka yang ditargetkan. 

“Penjualan Vandorid T5C sudah tembus sekitar 80 persen. Angka ini sekaligus mematahkan issu bahwa pasar tablet sedang stagnan. Mungkin untuk tablet  7 inci pasarnya cenderung turun.  Tapi untuk tablet 8 inci kondisinya sangat lain, serapan pasar masih positif dan bergaira,” tandas Tjandra. 

Perolehan angka tersebut didapat dari berbagai area. Untuk Area Jabodetabek serapan pasar  T5C mencapai 50 persen,  Jabar  9   persen, Jateng 11  persen,  Jatim  12  persen, Kalimantan  6 persen,  Area Sumatera  8  persen. Bali-Nusa Tenggara, 4  persen. Dari angka tersebut area Jabodetabek masih mendominasi penjualan T5C.

Sementara, beberapa hal yang berkaitan dengan tablet T5C. Pertama, ukuran T5C ideal, 8 inci. Memudahkan pengguna untuk menjalankan berbagai aplikasi. Apalagi layarnya sudah  QHD (1024 x 768) IPS. Kedua, desain menarik, tipis, slim, pas ketika digenggam. Ketiga, mengadopsi teknologi terkini, 3,5 G, Jelly bean. 

Keempat, prosesor quad core. Kelima, memiliki memori internal 8 GB. Keenam, didukung dengan Ram 1 GB. Ketujuh, external storage mencapai 32 gb. Kedelapan, di-support  kamera belakang 8 Mp, kamera depan 2 Mp. Dan tentunya harga terjangkau, Rp 1.999.000,-  “Ini yang menjadi senjata T5C diminati pasar. Teknologinya handal harga terjangkau,” papar Tjandra.  

Serapan pasar yang positif terhadap T5C membuktikan juga bahwa produk Advan semakin dipercaya konsumen dan mereka mulai bangga bahwa Indonesia memiliki brand yang bisa menjadi kebanggaan masyarakat.   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar